Kamis, 24 November 2016

Contoh Soal Praktek Akuntansi beserta Jawabannya

KD 4.4

(SOAL PRAKTEK)

1. Pada tanggal 5 Februari 2013, PT. TEN membeli barang dagangan dari PT.TAEYEONG seharga Rp 7.500.000,- dengan No. Faktur K-10 dan syarat pembayaran 2/10, n/30. Jika pelunasan faktur dibayar pada tanggal 15 Februari 2013, maka uang tunai yang harus dikeluarkan oleh PT. TEN sebesar ...
a.    Rp 7.500.000,-
b.    Rp 7.450.000,-
c.    Rp 7.400.000,-
d.    Rp 7.350.000,-
e.    Rp 7.300.000,-

2.  Pada tanggal 15 Maret 2013 CV. MARK  membeli 17.000 kg beras dari UD. SEHUN  dengan harga Rp 900/kg, syarat 2/10, n/30. Dari transaksi tersebut, maka CV. MARK mencatat pada akun ... sebesar ....
a.    Pembelian; Rp 15.300.000
b.    Penjualan; Rp 15.830.000,-
c.    Retur Pembelian; Rp 16.300.000,-
d.    Retur Penjualan; Rp 16.790.000,-
e.    Piutang dagang; Rp 15.300.000,-

3.    Dikirimkan nota debet kepada UD. SEHUN atas transaksi yang terjadi pada soal no. 2 pada tanggal 17 Maret 2013 sejumlah 2.000 kg beras karena rusak. Jurnal dari transaksi tersebut adalah ...
a. Retur Penjualan(D); Piutang dagang(K)
b. Piutang dagang(D); Retur Penjualan(K)
c. Retur Pembelian(D); Hutang dagang(K)
d.Hutang dagang(D); Retur pembelian(K)
e. Piutang dagang(D); Retur pembelian(K)
 
4.    Pada tanggal 25 Maret 2013 dibayar pelunasan atas pembelian beras pada soal no.2 kepada UD. SEHUN  Dari transaksi tersebut jumlah utang yang didebet sebesar ..
a.    Rp 15.890.000,-
b.    Rp 14.880.000,-
c.    Rp 13.230.000,-
d.    Rp 16.860.000,-
e.    Rp 18.850.000,-

5. Dibeli supplies kantor sebesar Rp 500.000,00. Menurut perhitungan fisik pada tanggai 31 Desember 2021 terdapat supplies yang belum dipakai sebesar Rp 125.000,00. Maka jurnal yang tepat adalah ...
a. Persediaan Supplies Kantor Rp500.000,00 (D); Kas  Rp500.000,00(K)
b. Supplies Kantor Rp500.000,00 (D); Kas  Rp500.000,00(K)
c. Kas Rp500.000,00 (D); Supplies Kantor  Rp500.000,00(K)
d. Kas Rp500.000,00 (D);  Persediaan Supplies Kantor Rp500.000,00(K)
e. Persediaan barang dagangan Rp500.000,00 (D);  Kas Rp500.000,00(K)

6. Jurnal Penyesuaian yang benar dari transaksi no.5 adalah...
a. Biaya Supplies Kantor Rp125.000,00 (D); Persediaan Supplies Kantor  Rp125.000,00 (K)
b. Persediaan Supplies Kantor Rp375.000,00 (D); Biaya Supplies Kantor  Rp375.000,00 (K)
c. Biaya Supplies Kantor Rp375.000,00 (D); Persediaan Supplies Kantor  Rp375.000,00 (K)
d. Persediaan Supplies Kantor Rp125.000,00 (D); Biaya Supplies Kantor  Rp125.000,00 (K)
e. b. Persediaan Supplies Kantor Rp500.000,00 (D); Biaya Supplies Kantor  Rp500.000,00 (K)

7.   Pada tanggal 1 mei  2000 dibayar perkas premi asuransi Rp 1.200.000 untuk 1 tahun. Penyesuaian per 31 des 2000 adalah
a. Asuransi dibayar dimuka  Rp 800.000 (D); Kas  Rp 800.000 (K)
b. Beban asuransi Rp 800.000 (D) ; Kas  Rp 800.000 (K)
c. Beban asuransi Rp 800.000 (D) ; Asuransi dibayar dimuka Rp 800.000 (K)
d. Asuransi dibayar dimuka Rp 400.000 (D) ; Kas Rp 400.000 (K)
e. Beban asuransi Rp 400.000 (D) ; Kas Rp 400.000 (K)

8. Pada tanggal 1 april 2000 dibayar premi asuransi . Rp 2.400.000;-00 unruk masa 2 tahun dan dicatat pada perkiraan beban asuransi. Penyesuaian  per 31 des 2000…
a. Beban asuransi                                                Rp 1.800.000;-
Asuransi dibayar dimuka                    Rp 1.800.000;-
b. Asuransi dibayar dimuka                    Rp 1.800.000;-
Beban asuransi                                                Rp 1.800.000;-
c. Beban asuransi                                                Rp  900.000;-
Asuransi dibayar dimuka                    Rp 900.000;-
d. Asuransi dibayar dimuka                    Rp 1.500.000;-
Beban asuransi                                                Rp 1.500.000;-
e. Beban asuransi                                    Rp 1.500.000;-
Asuransi dibayar dimuka                    Rp 1.500.000;-

9.  Menerima uang lewat rekening giro di bank selain transaksi (f) yaitu jasa giro yang diberikan oleh bank (pendapatan) Rp22.750,00.
 jurnal transaksi yang terjadi adalah ....
a. Bank Rp22.750,00       
Pendapatan Jasa Giro                    Rp22.750,00
b. Kas    Rp22.750,00       
Pendapatan Jasa Giro                    Rp22.750,00
c. Kas     Rp22.750,00       
Pendapatan Administrasi                             Rp22.750,00
d. Bank Rp22.750,00       
Beban Administrasi                         Rp22.750,00
e. Bank Rp27..250,00     
Pendapatan Jasa Giro                    Rp27.250,00

10. Pada tanggal 19 Mei 2016 PD. MINGYU menjual barang dagangan kepada UD. SUGA dengan harga Rp 300.000,00 termin n/10 EOM.
Maka tanggal jatuh tempo UD. SUGA adalah pada tanggal ...
a. 29 Mei 2016
b. 08 Juni 2016
c. 31 Mei 2016
d. 30 Juni 2016
e. 29 Juni 2016



B.
1. UD NCT bergerak dibidang pedagang furniture di salah satu pusat perbelanjaan, pada awal bulan tanggal 01 Maret 2015 mempunyai persediaan furniture senilai 1.000.000.
Sepanjang bulan Maret 2015 UD NCT membeli persediaan barang dagangannya dari pengrajin furniture sebesar Rp 48.000.000 dengan ongkos kirim yang ditanggung sebesar Rp 1.000.000.
Pada bulan yang sama, UD NCT mencatat transaksi penjualan sebanyak Rp 65.000.000.
Pada akhir periode bulan maret, tanggal 31 Maret 2015 terjadi beberapa aktivitas:

a.UD NCT membayar beban listrik sebesar Rp 350.000,
b.Biaya Air PAM sebesar Rp 50.000,
c.Membayar uang sewa lapak tenant sebesar Rp 10.000.000,
d.Membayar gaji pegawai/penjaga toko sebesar Rp 800.000
e.Membayar biaya ongkos kirim furniture antar ke pelanggan Rp 500.000
Ketika dilakukan penghitungan fisik furniture, saldo akhir persediaan furniture diketahui hanya tersisa lemari kecil seharga Rp 300.000 saja.

Permasalahan :
A. Berapa HPP (COGS) UD NCT pada periode bulan Maret 2015?
B. Berapa besaran Laba Kotor UD NCT pada bulan Maret 2015?


Penyelesaian:

A. Harga Pokok Penjualan (HPP)
COGS = Inventory Cost + Biaya Overhead
Inventory Cost = Persediaan Awal + Pembelian – Persediaan Akhir
Inventory Cost = Rp 1.000.000 + (Rp 48.000.000 + Rp 1.000.000) - Rp 300.000
Inventory Cost = Rp 49.700.000
Jadi Harga Pokok Penjualan bisa kita hitung:
COGS = Rp 49.700.000 + Rp 500.000
COGS = Rp 50.200.000

B. Laba Kotor Bulan Maret 2015
Laba Kotor = Penjualan – Harga Pokok Penjualan
Rp 65.000.000 - 50.200.000
Rp 14.800.000

2. Berikut ini ikhtisar transaksi pada PT CHITTAPHON tahun 2021.

a. Dibeli supplies kantor sebesar Rp 500.000,00. Menurut perhitungan fisik pada tanggai 31 Desember 2021 terdapat supplies yang belum dipakai sebesar Rp 125.000,00.
b. Membayar premi asuransi pada tanggai 31 Maret 2021 untuk masa pertanggungan satu tahun sebesar Rp 1.260.000,00.
c. Dibeli alat-alat kantor secara kredit dengan harga Rp 3.840.000,00 pada tanggai 1 Februari 2021. Alat kantor tersebut ditaksir dapat dipakai selama delapan tahun.
d. Menerima kas sebesar Rp 750.000,00 pada tanggai 1 April 2021 untuk sewa ruangan selama tiga tahun yang akan berakhir pada 31 Maret 2023.
soal :
a. Buatlah jurnal transaksi di atas.
b. Buatlah jurnal penyesuaian per 31 Desember 2021.
c. Buatlah jurnal penutupnya.

Jawab :


1. Jurnal transaksi
a. Persediaan Supplies Kantor    Rp500.000,00
Kas                                                    Rp500.000,00
(Mencatat pembelian supplies kantor)

b. Persekot Asuransi    1.260.000,00
Kas                                             1.260.000,00
(Mencatat premi Asuransi pada tanggai 1 Maret 2021 untuk waktu 1 tahun)

c. Alat-alat Kantor    3.840.000,00
Utang                         3.840.000,00
(Mencatat pembelian alat kantor secara kredit)

d. Kas    750.000,00
Penghasilan Sewa    750.000,00
(Mencatat penerimaan dari sewa ruangan untuk 3 tahun)

Jurnal Penyesuaian

a. Biaya Supplies Kantor    Rp375.000,00
Persediaan Supplies Kantor    Rp375.000,00
(Mencatat pemakaian supplies kantor sebesar Rp500.000,00 – Rp125.000,00)

b. Biaya Asuransi    1.050.000,00
Persekot Asuransi    1.050.000,00
(Mencatat biaya asuransi selama 10 bulan sebesar 10/12 xRp 1.260.000,00)

c. Depresiasi Alat Kantor    440.000,00
Akumulasi Depresiasi Alat Kantor    440.000,00
(Mencatat depresiasi alat kantor sebesar 11/12 xRp3.840.000,00/8)

d. Penghasilan Sewa    562.500,00
Utang Penghasilan Sewa    562.500,00
(Mencatat utang penghasilan sewa sebesar Rp750.000,00 – (9/12 x Rp750.000,00/3)

Jurnal penutup

a. Rugi Laba    Rp375.000,00
Biaya Supplies Kantor    Rp375.000,00
(ayat jurnal penutup untuk menutup pemakaian supplies kantor ke rugi-laba)

b. Rugi Laba    1.050.000,00
Biaya Asuransi    1.050.000,00
(ayat jurnal penutup untuk menutup biaya asuransi selama 10 bulan)

c. Rugi Laba    Rp440.000,00
Depresiasi Alat Kantor    Rp440.000,00
(ayat jurnal penutup untuk menutup depresiasi alat-alat kantor ke rugi laba)

d. Penghasilan Sewa    187.500,00
Rugi Laba    187.000,00
(jurnal penutup untuk penutup penghasilan sewa selama 9 bulan ke rugi laba)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar