KD 3.4 POTONGAN PEMASARAN
1.Potongan harga yang di berikan guna
mendorong konsumen agar membeli dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga
meningkatkan volume penjualan secara keseluruhan.Pernyataan tersebut merupakan pengertian
dari ....a. Potongan kuantitasb. Potongan tunaic. Potongan musimand. Potongan dagange. Potongan kuantitas kumulatif
2. Potongan ini diberikan kepada konsumen
yang membeli barang selama periode tertentu, msalnya terus-menerus selama satu
tahun. Adanya diskon ini menyebabkan konsum akan terikat pada penjualn selama
periode tersebut apabila mengharapkan potongan.Potongan tersebut dosebut dengan ...a. Potongan kuantitasb. Potongan tunaic. Potongan musimand. Potongan dagange. Potongan kuantitas kumulatif
3. Potongan harga yang diberikan hanya pada
masa-masa tertentu saja dan juga digunakan untuk mendorong konsumen agar
membeli barang-barang yang sebenarnya baru akan dibutuhkan beberapa waktu
mendatang.Potongan yang dimaksud adalah ...a. Potongan kuantitasb. Potongan tunaic. Potongan musimand. Potongan dagange. Potongan kuantitas kumulatif
4. Potongan
harga yang diberikan penjual ke pembeli atas pembayaran untuk fungsi-fungsi
pemasaran yang mereka lakukan.Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari
....a. Potongan kuantitasb. Potongan tunaic. Potongan musimand. Potongan dagange. Potongan kuantitas kumulatif
5. Potongan berupa penurunan harga yang
langsung diberikan kepada customer pada saat pembelian dilakukan tanpa melihat
faktor lain adalah pengertian dari...a. Potongan kuantitasb. Potongan tunaic. Potongan musimand. Potongan dagange. Potongan kuantitas kumulatif
6. Bagi
konsumen, diskon musiman memberikan beberapa manfaat, berikut ini manfaat
diskon musiman kecuali ...a. Harga produk murahb. Mereka bisa belanja dengan leluasac. Terhindar
dari antri panjang yang biasa terjadi bila mereka berbelaja pada musim “ramai”.d. Biasanya pada hari-hari menjelang “hari
H” konsumen telah berbelanja jauh-jauh har sebelumnya, maka ia akan terhindar
dari situasi itu.e. Harga produk meningkat dengan kualitas yang meningkat
7.1. Trade-in allowance2. Promotional allowance3. Product allowance4. HLL allowance5. Promotional allowanceBerdasarkan pernyataan diatas, allowance
yang tidak digunakan dalam potongan dagang adalah ...a. 1b. 2c. 3d. 4 dan 5e. 5
8. Potongan dagang adalah otongan harga yang
diberikan penjual ke pembeli atas pembayaran untuk fungsi-fungsi pemasaran yang
mereka lakukan.Nama lain dari potongan dagang ialah ...a. Potongan fungsionalb. Cash discountc. Trade discountd. Potongan rabate. Potongan tunai
9. Bukti transaksi yang diterbitkan oleh
perusahaan setelah terjadi transaksi retur yaitu...a. Fakturb. Nota Kontanc. Nota Kreditd. Ceke. Kwitansi
10. Potongan pembelian yang diterima oleh
pembeli dari penjual akan berpengaruh mengurangi akun pembeli yaitu...a. Account Receivableb. Account Payablec. Sales Returnd. Trade Discounte. Purchase Return
B.1. Potongan kuantitas terdiri atas 2 jenis,
sebutkan dan jelaskan!Jawab :
Diskon kuantitas terdiri atas 2 jenis yaitu
:
a. Diskon kuantitas kumulatifKumulatif diberikan kepada konsumen yang
membeli barang selama periode tertentu, msalnya terus-menerus selama satu
tahun. Adanya diskon ini menyebabkan konsum akan terikat pada penjualn selama
periode tersebut apabila mengharapkan potongan.
b. Diskon kuantitaf non kumulatifDiskon kuantitaf non kumulatif didasarkan
pada pesanan pembelian secara indifidual. Potongan ini lebih menekankan usaha
merangsang pembelian dalam jumlah besar pada satu kali pembelian dari pada
serangkaian pembelian.
2. Sebutkan manfaat diskon musiman bagi
konsumen!Jawab :
Bagi konsumen, diskon musiman memberikan
beberapa mafaat yaitu:a. Harga produk murahb. Mereka bisa belanja dengan leluasa dan
terhindar dari antri panjang yang biasa terjadi bila mereka berbelaja pada
musim “ramai”.c. Biasanya pada hari-hari menjelang “hari
H” konsumen telah berbelanja jauh-jauh har sebelumnya, maka ia akan terhindar
dari situasi itu.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan dikon
dan alasan perusahaan menggunakan diskon!Jawab :
diskon merupakan potongan harga yang
diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai penghargaan atas aktivitas
tertentu daripembelianmenyenagkan bagi penjual.Alasan perusahaan memprakasai diskon:1. Kelebihan kapasitas2. Memerosotnya bagan pasarakibat makin
ketatnya persaingan3. Untuk mengunggulkan pasar melalui
struktur biaya yang rendah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar